HP/WA: 0811-410-8979 manado@aliciaflorist.com

Nama bunga kamboja Jepang tidaklah familiar di luar. Bunga Adenium lebih dikenal dengan desert rose. Tanaman yang berbunga merah seperti mawar di gurun gersang. Bunga asli gurun Sahara selatan, meliputi Sudan, Senegal dan Mauritania.

Tanaman yang baik ditanam di tanah kering. Daun bunganya berwarna hijau tidak lebat. Adenium Obesum memiliki batang berbentuk bonggol besar. Batangnya berwarna putih dan tidak keras seperti kayu. Isinya air sebagai cadangan makanan.

Di luar negeri, mereka menyebutnya mawar pasir atau desert rose, nama Adenium sendiri berasal dari kota Adene. Disebut kamboja Jepang karena bunganya mirip, tetapi ukurannya lebih kecil dan itu identik dengan bonsai Jepang.

Karakteristik Bunga Adenium

Pembesaran pada batang Adenium karena mengandung air. Batangnya lunak tidak seperti kayu. Tunasnya akan tumbuh dari mata tunas pada batang. Apabila ingin mendapatkan bunga bagus, anda cukup memotong batangnya.

Anda bisa menggunakan teknik prunning untuk merapikan bunga. Daun bungannya beraneka bentuk, dari lonjong, runcing kecil, atau runcing membesar. Bunganya seperti terompet, berkelopak lima, dengan aneka warna.

Ada dua spesies asli bunga Adenium yaitu Arabicum dan Obesum. Mereka juga memiliki beberapa spesies dengan varietas. Sekarang terdapat varietas yang bertumpuk seperti mawar.

Proses budidaya bunga bisa dengan cara skulen atau bibit. Manusia juga bisa melakukan penyerbukan sendiri. Caranya dengan menaruh benang sari ke putik. Secara natural bunga ini dibantu serangga, atau angin yang berhembus.

Dari segi hama yang menyerang tanaman dan bungnya. Secara garis besar mereka dari kelompok Anthopoda. Sedangkan untuk penyakitnya sama dengan bunga lain. Penyakit paling sering adalah pembusukan pada akarnya.

Proses pembusukan pada akar terjadi karena air. Khususnya ketika musim hujan, dimana air menggenang di dalam pot dan tidak terserap. Jadi jangan menyiram ketika musim huja tiba ya. Pastikan juga pot memiliki lubang ventilasi.

Pola Hidup Desert Rose

Seperti yang dijelaskan diatas mengenai cara tanam. Mereka bisa dipotong dan ditanam secara skulen. Anda tinggal membenamkan itu hingga masuk cukup dalam. Jika sudah tumbuh akar maka akan muncul daunnya, jangan ragu untuk dipotong.

Tanaman yang juga baik ditanam dari bibit. Namun kebanyakan dijual terbatas di toko. Tanamannya tumbuh sangat lambat, yaitu 12 inci dalam setahun, hanya 14 inch setelah tiga tahun. Tanaman yang tingginya 1,2 m sampai 1,8 m saja.

Walaupun anda telah sukses menanam dan tumbuh. Anda tidak akan bisa menikmati bunganya langsung. Bahkan berbulan atau setahun setelahnya belum berbunga. Dengan teknik potong, mungkin setelah 12 bulan barulah muncul bunga.

Khusus bunga ini tidak perlu khawatir usia. Anda bisa memilikinya sampai dekade. Namun jika udara terlalu dingin bisa membekukannya. Jika tanah terlalu basah karena air bisa membusukan. Daun berguguran normal sebagai cara istirahat.

Untuk membuat bunganya selalu berkembang. Anda harus membuatnya terpapar 6 jam sehari. Desert rose membutuhkan temperatur antara 24- 35 derajat celcius, dan tidak suka dibawah 55 derajat. Mereka memang lebih suka sinar matahari.

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!