HP/WA: 0811-410-8979 manado@aliciaflorist.com

Sedikit cerita mengenai sejarah mawar merambat. Mereka ditemukan di dunia pada 1792, oleh para ahli botani yang dikirim ke Peking, China. Jadi disanalah bunga mawar ini terindetifikasi. China sendiri dikenal sebagai negara bunga.

Ada asumsi bahwa mawar merambat berkembang alami. Peyebab utama ialah fakto tempat mereka berkembang. Juga karater mereka yang mulai mengikuti tempat ditanamnya. Umumnya mawar akan tumbuh diluar pagar atau dinding.

Namun mawar merambat tumbuh mengikuti alur. Tanamannya seolah lengket dan mengarah ke atas. Mawar ini tumbuh mengikuti alur tempat tumbuhnya bunga. Uniknya mawar merambat ini dapat berbunga setiap musim.

Baik mawar rumput ataupun memanjat punya variasi warna. Semua berkat negara China yang membudidaya. Padahal dulunya, mawar merambat yang dibawa ke Eropa, hanya terbatas pada warna tertentu cuma beberapa.

Negara Penghasil Mawar Terbesar

Eropa dulu hanya menemukan beberapa varian warna. Baik yang merambat di pagar gereja, dinding- dinding istana, atau sepanjang jalan terbatas jenisnya. Hingga abad ke 80, hubungan dagang dimulai, dan masuklah perubahan.

Mereka para pedagang yang membawa varietas baru. Di Peking, China, ada mawar bernama Rose Bracteata dan akhirnya diberi nama Macartney Rose. Banyak lagi mawar merambat yang ditemukan, dan akhirnya berkembang di luar China.

Sejarah mawar merambat ditemukan di China, dan akhirnya berkembang hingga ke Eropa abad 19. Orang- orang menggilai bunga yang mampu tumbuh menjulang ini. Seolah bunganya hidup lebih dari kehidupan yang seharusnya.

Para ahli hibrida berdatangan ke China untuk belajar. Mereka membawa lebih banyak jenis mawar merambat. Banyak varietas mawar yang muncul baik di Eropa, dan akhirnya merambat hingga ke Amerika Utara pada 1900 -an.

Beberapa jenis mawar merambat dikenal rentan. Penyakit seperti titik hitam dan pembusukan sering menyerangnya. Alhasil akan menyisakan daun yang berguguran, dan batang yang merayap tanpa memiliki bunga atau daun.

Untungnya peneliti telah menemukan cara terbaik. Mereka telah mampu menangani masalah ini. Para ahli hibrida menghasilkan mawar merambat yang tahan penyakit, bunga dan daunya segar, dan menghasilkan bau yang harum.

Jenis- Jenis Mawar Merambat

Tidak sedikit orang yang ragu menanam mawar ini. Masalah tempat yang terbatas menjadi faktor yang utama. Namun sekarang beberapa jenis mawar dapat dinegosiasi. Mawarnya tidak terlalu menutupi atau hanya menggelantung.

Anda bisa menaruhnya disela tempat yang sempit. Kita menyebtunya mawar merambat pendek. Selama penyubur mawarnya dibatasi akan tumbuh terbatas. Gunakan banyak pada musim mawar maka ini akan menjulang.

Mawar bernama Westerlad dikenal sebagai pemanjat ulung. Tingginya bisa sampai 6 kaki dengan bau harum. Adapula Dublin Bay yang cantik serta pas ukurannya. Dia cocok untuk menjadi penghias pagar rumah, karena kecil.

Warnya merah dan sangat tegas kelopaknya. Dia mampu bertahan ditanah yang lempung. Angin pada musim dingin tidak mampu menggoyahkan. Dublin Bay akan berbunga kembali pada musim semi, dengan bunga mawar cantik.

Anda bisa menanam mawar Zepherine Drouhin. Tanaman yang dikenal “old fashioned”. Dia dikenal populer pada tahun 1868 -an. Masih juga populer sampai sekarang karena baunya. Bunga mawarnya berawarna pink nan cerah.

Ada pula Leander yang dikenal mawar besar. Bayangkan ia mampu tumbuh 12 kaki. Seking besarnya mampu menembus atap rumah di lantai 2. Ada pula bunga mawar kuning, Graham Thomas, dan yang terkadang berwarna peach

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!